5 Toko Buku Online Recommended


"Kalau punya sedikit uang, aku akan membeli buku dan kalau masih bersisa, aku beli baju dan makanan." 
—Desiderius Erasmus


Sekalipun online shop semakin menjamur, saya pikir belanja online tidak akan menjadi bagian dari gaya hidup saya. Terlebih ketika tinggal tak jauh dari pusat kota Bandung, saya pikir saya bisa menemukan apa saja yang saya butuhkan di toko konvensional. Sampai akhirnya, untuk beberapa alasan saya pun harus bersentuhan dengan online shop. Misalnya untuk membeli buku.

Setidaknya ada dua alasan mengapa saya lebih memilih belanja buku online dibandingkan membelinya di toko biasa. Pertama, karena saya bisa membeli buku kapan saja, tanpa perlu mencari waktu luang untuk belanja ke toko buku. Kedua, karena saya adalah tipikal pembeli buku yang sudah merencanakan buku apa yang akan dibeli, saya sering kecewa ketika pergi ke toko buku dan tidak bisa menemukan buku yang saya inginkan. Bisa jadi karena kehabisan atau karena buku tersebut adalah buku indie yang hanya dipasarkan lewat toko online tertentu. Dan saat ini jenis buku seperti itu yang lebih sering saya incar.

Kalau kamu juga merasakan hal yang sama seperti saya, ada baiknya cek 5 toko buku online berikut, barangkali berminat.
1. Bukabuku
Beberapa kali ada yang bertanya mengenai toko buku yang paling direkomendasikan. Saya selalu menyebutkan toko buku online ini. Karena saya pikir ini adalah salah satu toko online yang memang menganut sesungguh-sungguhnya toko online. Dari yang saya pelajari, toko online itu seharusnya bisa melayani transaksi secara online selama 24 jam. Tanpa perlu menunggu pemilik toko buka. Pun tanpa perlu chat lewat aplikasi, tetapi langsung melakukan transaksi lewat web. Jadi kita bisa melihat status barang (ready atau tidak), kita bisa pesan jam berapapun, transfer jam berapapun dan bisa mendapatkan status pembelanjaan saat itu juga. Praktis bukan?

Tapi yang terpenting, toko buku ini menyediakan hampir sebagian besar buku dengan beragam genre. Selain itu juga menyediakan fasilitas dropship dan afiliasi. Kelemahannya, pesan di toko ini bisa sampai berminggu-minggu terutama jika status bukunya ada di gudang supplier atau tiba-tiba habis.

Ini adalah salah satu toko buku online kesayangan saya. Saya mendapatkan beberapa buku langka, yang sudah tidak cetak ulang di toko ini. Saya juga membeli beberapa buku cetakan pertama di toko ini. Ya, saya memang gandrung dengan buku cetakan pertama. Dan karena buku cetakan pertama terutama untuk judul buku-buku termasyhur itu langka, tentu buku sejenis itu tidak dijual di sembarang toko. Dojo Buku salah satu penyedia buku-buku tersebut. Sebab selain buku baru, Dojo juga menjual buku kolpri atau koleksi pribadi atau buku bekas. Saya pernah membeli beberapa buku langka dan bekas koleksi pribadi orang dengan harga murah banget. Tentu saja itu menyenangkan.

Toko ini basenya di facebook. Tantangannya, di toko ini punya sistem sendiri. Jadi kita harus komen terlebih dahulu di foto buku yang kita inginkan. Komentar tercepat dan paling dulu sepakat dengan harga yang ditawarkanlah yang akan mendapatkan buku tersebut. Jadi, harus dipantengin terus. Kalau buku bagus banget biasanya banyak yang ngincar.

Ini adalah toko buku online favorit saya yang baru (sesuai dengan tag line-nya). Paling nggak boleh stalking ke webnya kalau pas dompet lagi kering. Karena lokasinya di Jogja, jadi agak berat di ongkos.  Padahal, hampir semua buku fiksi di toko ini masuk ke dalam whislist saya. Kalau penasaran, langsung meluncur saja ke webnya. Selain bisa chating langsung dengan adminnya via wa, kita bisa pesan via web juga seperti di bukabuku.

Sebenarnya toko buku online ini punyanya temen. Pemiliknya adalah penulis dan penggila buku juga. Saya pernah berbelanja beberapa kali di sini. Pembeli  diharuskan transfer dalam 1x24 jam dan buku akan dikirim dalam 1x24 jam setelah transfer. Betapa pengertiannya! Saat kita jajan buku, tentu ingin segera buku itu sampai dan membacanya dalam tempo yang sesingkat-singkatnya.

Ini adalah toko buku yang menjual buku export. Sebenarnya saya lebih sering belanja buku ekspor di Books&Beyond yang tokonya terletak di salah satu mall besar di Bandung. Tapi saya sering melihat banyak yang merekomendasikan toko ini. Saya sendriri belum pernah beli tapi sering stalking dan suatu saat mungkin bakal beli buku di sini. Koleksinya lumayan lengkap dan free shipping untuk beberapa daerah.


Sesungguhnya, ada yang tidak boleh kita lupakan, bahwa hal yang lebih luhur dari membeli buku (baik lewat toko buku online atau offline) yaitu membacanya. Dan yang lebih penting dari membacanya adalah membuat kita lebih bijak. Begitu bukan?



Sekian.

Comments

  1. Wah terimakasih bunda infonya. Bermanfaat sekali buat saya yang juga suka baca buku

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama. Senang bisa bermanfaat postingannya :)

      Delete
  2. Bener tuh bukabuku emang komplit. Tapi males di nunggu nya aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya hampir semua ada, sekalipun statusnya bisa jadi ready siap kirim 24 jam sama ready di gudang supplier (nah yang ini yang lama). Tapi selain itu juga banyak promo :D

      Delete
  3. Wah, saya belum pernah beli buku secara online hehe. Tapi kapan-kapan boleh deh dicoba di salah satu toko di atas:)

    ReplyDelete
  4. Saya bookmark nih, buat nanti berburu buku. Thanks ya mba :D

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Read-a-Thon Hari #2 & #3: Tentang Kumpulan Cerita Absurd

Read-a-Thon Desember 2015