Read-a-Thon Desember 2015


Salah satu ritual yang selalu saya lakukan saat bulan Desember datang adalah membaca buku secara maraton. Dalam reading challenge Goodreads tahun ini, saya menargetkan membaca 48 buku. Artinya empat buku setiap bulannya dan satu buku setiap minggunya. Tetapi rencana tidak berjalan mulus sebagaimana seharusnya. Sekali waktu saya membaca dua buku dalam satu minggu. Kali lain saya malah sempat membaca buku yang sama dalam satu bulan. Walhasil, saya hanya bisa membaca 37 dari target 48 buku. Ada 11 buku yang tersisa dan akhirnya membaca buku secara maraton selalu menjadi solusi paling ampuh buat menyelesaikan tantangan ini.
Beberapa bulan yang lalu saya sempat membaca buku secara maraton seperti ini, catatannya silakan cek di sini. Bagi yang bertanya-tanya read-a-thon itu apa, cek aja di situ. Saat itu saya menargetkan 7 buku dalam 7 hari tapi hanya terealisasi 5 buku. Bagaimanapun, 5 buku lebih baik dari 0 buku, kan?
Tapi, belajar dari pengalaman tersebut, saya akhirnya memutuskan read-a-thon kali ini cukup membaca 5 buku dalam 7 hari, buku yang dipilih pun tidak lebih dari 300 halaman, dan membuat review singkat di blog setiap kali menyelesaikan satu buku.
Membuat target membaca satu buku setiap hari kadang bikin frustasi. Masalahnya kerjaan bukan cuman buat baca aja. Tapi, bagaimanapun target baca tahun ini harus diselesaikan. Dan read-a-thon ini bisa menjadi sesuatu yang menyenangkan dan memotivasi. Terlebih mempublikasikannya di depan umum. Berarti ada tanggungjawab lebih bukan hanya pada diri sendiri.
Nah, inilah kelima buku yang akan saya baca mulai 11 Desember – 17 Desember 2015:
1.      Dunia Anna, Jostein Gaarder
2.      Selama Kita Tersesat di Luar Angkasa, Maggie Tiojakin
3.      Perempuan Lolipop, Bamby Cahyadi
4.      Kelir Slindet, Kedung Darma Romansha
5.      Cukup Sekian Cerita Cinta untuk Hari Ini, Rieke Saraswati
Saatnya pasang ikat kepala, siapkan pasokan semangat, kurang-kurangin galau apalagi mengingat-ingat mantan. Eh gimana?

Comments

  1. Saya juga kejar target baca buku nih. Mau ikut lomba resensi plus mau ngurangin timbunan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu dia, ngurangin timbunan buku-buku yang belum dibaca haha

      Makasih ya udah berkunjung. Salam kenal! ;)

      Delete
  2. Target baca msh kurang sih, tp ya blm mau ngebut. Ada yg lbh prioritas hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe iya, gimana skala prioritas.
      Selain kerja, saya nggak ada kerjaan lain, jadi daripada bengong atau galau mending baca hehe

      Eh, makasih udah mampir ya! Salam kenal! ;)

      Delete
  3. wah selamat berjuang ya :D. membaca memang aktivitas yang bikin penat melayang seketika, tapi meluangkan waktu untuknya apalagi dengan terjadwal adalah suatu hal yang menurut saya istimewa. semangat!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih ya!

      Huhuu, saya kalo nggak terjadwal bakal semena-mena aja, ngandelin mood heu

      Salam kenal! Makasih udah berkunjung :)

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Read-a-Thon Hari #2 & #3: Tentang Kumpulan Cerita Absurd

5 Toko Buku Online Recommended